Arti Nyala dan Kedipan Lampu Indikator Pada Mobil

29 Juli 2020 Oleh Jlcmobil

Thumbnail Berita

Memahami Arti Nyala dan Kedipan Lampu Indikator 

Lampu indikator disediakan sebagai fitur untuk membuat Anda aman saat Anda mengemudi. Namun, tidak banyak pengendara yang tahu arti dari lampu berkedip dan lampu indikator.

Penyebab Indicator Lamp Lit atau Blinking

Kebingungan menghindari, mempertimbangkan arti dari api dan flicker pada lampu indikator berikut yang mungkin terjadi pada mobil Anda.


1. Lampu Indikator Fuel

Ketika lampu pada panel bensin atau berkedip, artinya bahan bakar mobil Anda telah mendekati batas. Anda diminta untuk segera mengisi bensin. Namun, jangan khawatir terlalu banyak ketika itu terjadi ketika Anda terjebak dalam lalu lintas. Mobil biasanya masih memiliki sedikit bensin sehingga Anda dapat mengisinya ketika telah datang ke SPBU terdekat.


2. Lampu Indikator Minyak

Mobil tersebut juga memiliki lampu indikator yang menunjukkan stok minyak. Ketika lampu indikator menyala, Anda tahu bahwa itu adalah tanda kondisi minyak rendah. Anda dapat memperbaiki ini dengan menambahkan minyak. Meski begitu, baik itu ketika Anda mengganti oli dengan mobil baru sehingga mobil tetap kondisi sangat baik dan dilindungi dari kerusakan.


3. Baterai Lampu Indikator

Anda juga tidak harus mengabaikan ketika lampu indikator baterai yang menyala. Ini berarti baterai tidak dalam kondisi baik. Anda diminta untuk segera mengganti daya baterai sebelum kerusakan fatal mobil.


4. Lampu Indikator Airbag dan ABS (Anti-Lock Braking System)

Airbag dan ABS memiliki lampu indikator yang berbeda, namun keduanya sama-sama sebagai fitur keselamatan dalam berkendara. Jika salah satu atau bahkan kedua lampu menyala, itu berarti ada kerusakan pada fitur tersebut. Anda harus segera memeriksa sebelum mengemudi, karena ini sangat berpengaruh pada keselamatan Anda.


5. Periksa Lampu Indikator Mesin

Ini adalah indikator penting yang paling lampu yang Anda harus melihat. Ketika Periksa Engine cahaya pada mobil Anda menyala, itu berarti bahwa tidak ada kerusakan terdeteksi, atau setiap bagian dari mesin yang tidak bekerja dengan baik. Jika lampu tanpa berkedip, biasanya masalah pada mobil tidak terlalu berat. Anda dapat memeriksa sendiri atau bawa ke mekanik untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Ketika lampu indikator berkedip, tanda kerusakan di dalam mobil cukup parah. Anda disarankan untuk tidak mengemudi pada kecepatan tinggi atau membawa beban berat. Anda harus segera mengambil mobil ke bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan. Itulah beberapa api akal dan flash lampu indikator Anda perlu memahami. Pastikan untuk memeriksa lampu pada mobil Anda untuk aktivitas mengemudi lebih nyaman.